MENUJU DESA DIGITAL, DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN MADIUN GELAR PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE

 MENUJU DESA DIGITAL, DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN MADIUN GELAR PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE UNTUK DESA/KELURAHAN SE-KECAMATAN DOLOPO



   GemaSkarWilis.com - Sehubungan dengan upaya pembangunan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Madiun, khususnya di Kecamatan Dolopo, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Madiun menyelenggarakan kegiatan pelatihan pembuatan website (batch 9) untuk Kecamatan Dolopo. Pelaksanaan pelatihan ini berlangsung di SMK 3 Muhammadiyah Dolopo yang digelar selama tiga hari berturut-turut, yakni mulai Senin hingga Rabu (2-4 Oktober 2023). Masing-masing desa/kelurahan se-Kecamatan Dolopo mendelegasikan perwakilan untuk menjadi peserta pelatihan ini.


Hari pertama diawali dengan pembukaan kegiatan dan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang videografi. Peserta mengikuti pelatihan tersebut dengan saksama seraya dipandu oleh pemateri yang merupakan salah seorang tenaga pengajar di sekolah tersebut pada kompetensi keahlian DKV (Desain Komunikasi Visual). Substansi materi pada pertemuan pertama tersebut seputar teori mengenai videografi, seperti teknik pengambilan video dan sudut pengambilan video.

Hari berikutnya, kegiatan diisi dengan praktik pengambilan video oleh para peserta dengan menerapkan teori-teori yang telah dipelajari sebelumnya. Peserta dibentuk dalam 3 kelompok dengan masing-masing grup terdiri dari 4-5 personel untuk melakukan praktik perekaman dan penyuntingan video. Proses syuting dilakukan di area sekolah dengan menggunakan ponsel dan aplikasi pengeditan video yang dimiliki peserta. Sementara itu, materi yang diajarkan pada hari terakhir pelatihan berkaitan dengan pembuatan web berupa blog. Peserta juga diminta untuk praktik membuat situs web terkait desa mereka masing-masing.

                                 

Pasca pelatihan, seluruh peserta dan panitia terkait segera menuju lokasi penutupan yang berlokasi di Desa Suluk, tepatnya di PDP (Pasar Durian Punthuk). Acara penutupan dihadiri oleh seluruh kepala desa/kelurahan se-Kecamatan Dolopo, panitia dari Kecamatan Dolopo, juga Kepala Dinas serta Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Madiun. Bapak Kus Hendrawan selaku kadin, serta Ibu Penta Lianawati (Ibu Bupati Madiun periode 2018-2023) selaku kabid pelayanan, keduanya sangat berharap agar dengan adanya pelatihan ini dapat mengembangkan potensi digitalisasi masyarakat di Kecamatan Dolopo supaya desa/kelurahan di sana tidak tertinggal pada era yang serba digital seperti sekarang ini.



Guna menunjang agenda pelatihan yang telah terlaksana, tim PDP mengadakan giveaway sejumlah uang bagi peserta pelatihan dengan ketentuan membuat video yang berkaitan pada kegiatan penutupan di PDP tersebut. Nantinya satu orang pemilik video terbaik berhak menjadi pemenang yang penilaiannya dilakukan oleh pihak kecamatan. Rangkaian acara penutupan ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada peserta dan diakhiri dengan makan siang bersama.



reporte: khoriq

Contact

SALAM PERS

Terima Kasih Sudah Berkunjung Ke Gemaskarwilis.com semoga Konten Yang Kami Sajika Bermanfaat. kritik Dan Saran Bisa Tinggalkan Jejak Di Sosmed Kami.

Alamat:

Jl. Mojomulyo Rt18/08 Ds. Suluk Kec. Dolopo Kab. Madiun

Jam Lyanan:

Senin-Sabtu 08:00-16:00

telepon:

081335790947

Cari Blog Ini

Pages